Pencahayaan Desain Interior Kafe

Pencahayaan Desain Interior Kafe

PENCAHAYAAN DESAIN INTERIOR KAFE


Menikmati sajian dengan Desain Interior kafe / restoran yang cantik, merupakan hal yang biasa oleh masyarakat saat ini masyarakat urban perkotaan.

Maka sebuah pencahayaan alami dan buatan sangat berperan. Cahaya buatan selain berfungsi untuk penerang menggantikan cahaya alami dan menjadi sebuah kebutuhan rutin setiap hari dan harus terpenuhi untuk menunjang dan memberikan pengalaman dan lingkungan untuk menyantap sajian.

Dalam pengaplikasian cahaya buatan sama halnya dengan cahaya alami dimana dalam memanfaatkanya harus dirancang dan gunakan sebaik mungkin, untuk medapatkan Interior yang nyaman dalam Aktifitas sehari-hari. Banyak hal dalam mempertimbangkan penggunaan cahaya buatan.  

Yang harus diperhatikan :

Beberapa syarat haruslah dapat dipenuhi dalam penggunaan cahaya buatan agar dapat memaksimalkan fungsi dan memberikan estetika, selain itu dapat meberikan kenyamanan dan tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan mata.


Dalam sebuah Desain Interior kafe / restoran pencahyaan buatan bertujuan untuk memberikan estetika. Oleh karenanya dalam penggunaannya harus dapat disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan. Agar tidak menimbulkan kenaikan suhu udara dalam ruangan akibat penggunaan cahaya buatan yang terlalu over hanya untuk mendapatkan estetika dan mengakibatkan hilangnya kenyamanan. 


Lampu yang digunakan sebaiknya dapat memberikan intensitas cahaya yang stabil, penyebarannya merata dan tidak menimbulkan bayangan yang mengganggu.


Perencanaan matang atas kebutuhan yang berbeda-beda diharapkan  memberikan pengalaman dan efek psikologis yang positif untuk pengunjung. Penggunaan cahaya yang terang untuk memberikan kesan meriah atau pencahayaan hangat untuk memberikan rasa nyaman.


Pemilihan warna menjadi sangat penting untuk menciptakan nuansa ruang yang diharapkan dalam konsep Interior. Cahaya kuning memberikan rasa hangat, nyaman, dan romantis, sedangkan cahaya putih membuat nuansa ruang meriah, sejuk, dan dingin.


Penggunaan objek Armatur dapat juga menghasilkan refleksi dalam Interior dan menambah efek psikologis untuk pengunjung. Dengan teknik pencahayaan langsung ( direct ), teknik ini paling ideal untuk area - area dengan tingkat aktifitas yang tinggi.


Pencahayaan tidak langsung ( indirect ) dapat digunakan untuk memberikan efek psikologis yang nyaman, hangat. Permainan armatur maupun ceiling dapat menambah nilai Interior dan pengalaman pengunjung.


Teknik indirect ini memanfaatkan efek pantulan atau bias cahaya.  Teknik ini ideal karena sumber cahaya tidak terlihat, hanya memperlihatkan efeknya saja. Pencahayaan ini juga dapat membuat efek general karena menghasilkan cahaya yang cukup terang pada ruangan.


Nah bagaimana teman - teman apakah artikel Aika membantu mengenai pencahayaan Desain Interior Kafe, jika teman - teman ingin membuat Kafe, aika akan membantu mewujudkan ide teman - teman, dengan hemat, tepat waktu, dan berkualitas.