Mengenal Sofa Yuk

Mengenal Sofa Yuk!

  • MENGENAL SOFA YUK !

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa sofa  memiliki banyak sekali tipe, warna, material dan lain-lain. Oleh karena itu Aika ingin memberikan sedikit pengetahuan, yang mungkin  dapat dipertimbangkan ketika ingin membeli Sofa baru untuk Desain interior apartemen atau rumah kamu. 

Berbagai Jenis Sofa Dari Segi Ukuran dan Kapasitas  

  1. Sofa Single ( 1 Dudukan) - 
  2. Sofa 2 Seater ( 2 Dudukan )
  3. Sofa 3 Seater ( 3 Dudukan )

  1. Jenis Sofa Dari Segi Bentuk

    1. Sofa Bed
    2. Sofa L

  1. Dari berbagai bentuk dan ukuran tersebut banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli sofa antara lain
  2. Hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih Sofa  

    1. Fungsi
    2. Tema Interior Ruangan
    3. Penggunanya
    4. Material
    5. Ukuran
    6. Harga

Banyak yang berpikir bahwa memilih sofa sangat sulit. Memilih sofa dengan tepat akan membuat sofa bed menjadi investasi yang panjang. Semoga dengan artikel ini teman-teman Aika dapat mudah untuk memilih sofa untuk ruangan favorit kamu.

Kitchen Set Apartemen Nyaman dan Fungsional

Kitchen set Dapur Minimalis Apartemen Studio Jakarta

Kitchen Set Nyaman dan Fungsional

KITCHEN SET NYAMAN & FUNGSIONAL

Seperti halnya Desain Interior, kitchen set butuh diawali perancangan yang baik dan matang. Agar tidak menyesal nanti ketika sudah dibuat dan gunakan.


Banyak hal yang dipertimbangkan saat merancang Kitchen set Apartemen atau dirumah, agar dapat hasil yang indah dan fungsi yang maksimal serta nyaman saat digunakan. 

Tahapan - tahapanya :


Adapun pada awal memulai, untuk memperhatikan kriteria- kriteria dalam merancang Kitchen set. Tak terlepas dari Selera tema desain, bujet dan kebutuhan, persiapan awal tentunya berdiskusi terlebih dahulu dengan Desainer Interior, menjelaskan tahap awal kebutuhan yang prioritas ingin diakomodasi untuk sebuah kitchen set yang diasumsikan pada ruang terbatas dengan bujet terbatas.


Setelah mendapatkan kebutuhan prioritas kitchen set hingga pemilihan tema konsep yang sesuai selera atau kondisi eksisting, berikut adalah beberapa pertimbangan terkait perancangan kitchen set agar mendapat Hasil yang memuaskan dan berfungsi maksimal.


Ada baiknya agar mendapatkan ukuran yang sesuai, pada tahap awal untuk mengukur tiap detail area lapangan yang akan dijadikan ruang dapur untuk kitchen set. Pertimbangkan beberapa hal eksisting yang sudah ada diarea yang ingin digunakan untuk kitchen set. Pertimbangkan titik listrik, titik air dan pembuangan, karena hal ini sangat penting dan jika direncanakan dengan baik pada tahap awal akan membuat hasil akhir begitu maksimal.


Setelah menentukan tema dan selera yang diinginkan di awal, barulah mengaplikasikan unsur-unsur estetika kepada desain yaitu warna, textur atau bentuk. Pilihlah dan sesuaikan dengan aktifitas yang  telah ditentukan, agar sesuai antara aktifitas dan hasil dari penggunaan kitchen set. Alangkah baiknya jika aktifitas di kitchen set tergolong " berat " dan penggunaanya sering, gunakanlah warna- warna yang tidak mudah terlihat kotor. Bentuk juga disesuaikan dengan posisi dalam bekerja di Kitchen set, untuk membuat nyaman aktifitas. Tentukan area Persiapan bersih- bersih, area memasak, dan mencuci.


Selanjutnya pemilihan bahan berkualitas. Untuk mempertimbangkan usia Kitchen set dan ketahanan yang lebih lama. Kembali pada tahap awal perencanaan yaitu pengukuran lapangan / survey. Dipertimbangkan apakah area yang akan digunakan lembab atau berayap. Oleh karenanya dapat ditentukan material apa yang baik untuk diterapkan dan memberikan hasil maksimal yang tahan lama.


Banyak jenis kitchen set, disarankan untuk dapat menyesuaikan dengan anggaran. Memilih Konsultan dan kontraktor yang tepat sangat penting, walau gampang-gampang susah. Hal yang disebutkan diatas dapat menjadi pertimbangan saat ingin membangun Kitchen set yang nyaman dan fungsional. Teman - teman yang ingin membuat Kitchen Set Apartemen, Aika dapat membantu dengan senang hati. Selamat mencoba.

Pencahayaan Desain Interior Kafe

Pencahayaan Desain Interior Kafe

PENCAHAYAAN DESAIN INTERIOR KAFE


Menikmati sajian dengan Desain Interior kafe / restoran yang cantik, merupakan hal yang biasa oleh masyarakat saat ini masyarakat urban perkotaan.

Maka sebuah pencahayaan alami dan buatan sangat berperan. Cahaya buatan selain berfungsi untuk penerang menggantikan cahaya alami dan menjadi sebuah kebutuhan rutin setiap hari dan harus terpenuhi untuk menunjang dan memberikan pengalaman dan lingkungan untuk menyantap sajian.

Dalam pengaplikasian cahaya buatan sama halnya dengan cahaya alami dimana dalam memanfaatkanya harus dirancang dan gunakan sebaik mungkin, untuk medapatkan Interior yang nyaman dalam Aktifitas sehari-hari. Banyak hal dalam mempertimbangkan penggunaan cahaya buatan.  

Yang harus diperhatikan :

Beberapa syarat haruslah dapat dipenuhi dalam penggunaan cahaya buatan agar dapat memaksimalkan fungsi dan memberikan estetika, selain itu dapat meberikan kenyamanan dan tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan mata.


Dalam sebuah Desain Interior kafe / restoran pencahyaan buatan bertujuan untuk memberikan estetika. Oleh karenanya dalam penggunaannya harus dapat disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan. Agar tidak menimbulkan kenaikan suhu udara dalam ruangan akibat penggunaan cahaya buatan yang terlalu over hanya untuk mendapatkan estetika dan mengakibatkan hilangnya kenyamanan. 


Lampu yang digunakan sebaiknya dapat memberikan intensitas cahaya yang stabil, penyebarannya merata dan tidak menimbulkan bayangan yang mengganggu.


Perencanaan matang atas kebutuhan yang berbeda-beda diharapkan  memberikan pengalaman dan efek psikologis yang positif untuk pengunjung. Penggunaan cahaya yang terang untuk memberikan kesan meriah atau pencahayaan hangat untuk memberikan rasa nyaman.


Pemilihan warna menjadi sangat penting untuk menciptakan nuansa ruang yang diharapkan dalam konsep Interior. Cahaya kuning memberikan rasa hangat, nyaman, dan romantis, sedangkan cahaya putih membuat nuansa ruang meriah, sejuk, dan dingin.


Penggunaan objek Armatur dapat juga menghasilkan refleksi dalam Interior dan menambah efek psikologis untuk pengunjung. Dengan teknik pencahayaan langsung ( direct ), teknik ini paling ideal untuk area - area dengan tingkat aktifitas yang tinggi.


Pencahayaan tidak langsung ( indirect ) dapat digunakan untuk memberikan efek psikologis yang nyaman, hangat. Permainan armatur maupun ceiling dapat menambah nilai Interior dan pengalaman pengunjung.


Teknik indirect ini memanfaatkan efek pantulan atau bias cahaya.  Teknik ini ideal karena sumber cahaya tidak terlihat, hanya memperlihatkan efeknya saja. Pencahayaan ini juga dapat membuat efek general karena menghasilkan cahaya yang cukup terang pada ruangan.


Nah bagaimana teman - teman apakah artikel Aika membantu mengenai pencahayaan Desain Interior Kafe, jika teman - teman ingin membuat Kafe, aika akan membantu mewujudkan ide teman - teman, dengan hemat, tepat waktu, dan berkualitas.